Kamis, 20 November 2014

CONTOH APLIKASI NEW MEDIA


Wikipedia


Wikipedia adalah sebuah situs wiki berisi ensiklopedia, artinya adalah situs web di internet yang bisa ditulis maupun disunting oleh siapapun dan berisi segala macam ilmu pengetahuan bagi manusia. Wikipedia berisi kumpulan informasi penting dan artikel dari semua cabang ilmu pengetahuan yang ditulis secara terperinci sehingga cepat dipahami dan mudah dimengerti oleh pembacanya. Wikipedia merupakan proyek kolaborasi yang tidak pernah berhenti dan terus menerus menampung segala informasi tentang penjelasan yang sesuai dengan kelayakan untuk tampil di wikipedia.

Wikipedia didirikan oleh warga Amerika Serikat bernama Jimmy Wales dan dirilis bersama Larry Sanger pada tahun 2001 yang bertujuan untuk memberikan sumber ilmu pengetahuan bagi manusia dan dibiayai oleh para donatur dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu tidak ada tempat bagi iklan untuk ikut tampil di wikipedia karena wikipedia memang sengaja tidak diciptakan untuk komersial.

Semua orang yang menulis dan menyunting artikel di wikipedia adalah murni sukarelawan dan tidak dibayar sepeserpun, mereka membentuk sebuah komunitas sukarelawan wikipedia yang disebut wikipediawan. Para wikipediawan memiliki status dan peranan yang berbeda-beda, misalnya ada pengguna biasa, pengguna anonim, pengguna terverifikasi, editor dan sebagainya sesuai dengan kontribusi atau peran serta mereka dalam membangun kelangsungan proyek wikipedia.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan. Aplikasi yang berbasi elektronik dan tampilan muka yang ramah bagi pengguna membuat wikipedia mudah untuk digunakan.


  • Mutakhir. Isi entri dari Wikipedia sangat mutakhir karena perkembangan terbaru di dunia ini dapat dengan cepat ditulis dan dimasukan ke dalam pangkalan data Wikipedia. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu sangat lama untuk memasukkan entri baru.


  • Kesalahan cepat diperbaiki. Karena bersifat bebas dan terbuka, jika pengguna menemukan kesalahan atau kekurangakuratan informasi yang terdapat pada sebauh entri di wikipedia, pengguna terbut dapat memperbaikinya secepat mungkin. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perbaikan, karena perbaikan entri baru dapat dilakukan ketika cetak ulang. Akan tetapi, banyak pihak yang menuduh hal ini sebagai kekurangan dari wikipedia, yaitu cepat berubah.
Kekurangan:

  • Kepengarangan yang tidak dikenal. http://anak-terdampar-dijakarta.webnode.com/news/berbagai-manfaat-dan-kekurangan-youtube/Kepengarangan sangat menentukan sebuah informasi, karena anda pasti akan memilih tulisan yang ditulis oleh orang yang benar-benar ahlinya. Sedangkan wikipedia tidak memberikan keterangan penulis.

Youtube



Youtube adalah situs web yang menyediakan berbagai macam video mulai dari video klip sampai film, serta video-video yang dibuat oleh pengguna youtube sendiri.

Adapun beberapa manfaat lain bagi para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. 

Namun tidak sedikit juga kekurangan yang dapat membahayakan penggunanya. Contohnya seperti banyaknya informasi yang menyesatkan. Sebaiknya anda sangat berhati-hati. Dilihat dulu apakah sumbernya sudah jelas dan sebaiknya dibaca dulu bagaimana komentar-komentar pengguna youtube yang lain tentang video tersebut. Kekurangan selanjutnya adalah bagi mereka yang memiliki koneksi internet kurang baik. Gambar akan tersendat-sendat dan membutuhkan waktu lama untuk meloading keseluruhan videonya.

0 komentar:

Posting Komentar