Pengertian
E-Goverment dan Lainnya
Pada
artikel kali ini akan membahas topik E seperti E-Goverment, E-Bussiness, E-Learning
dan 5 lainnya. E merupakan singkatan dari “elektronik” yang dimana artinya
adalah sesuatu yang berhubungan dengan media elektronik, contohnya adalah
melalui internet. Berikut merupakan beberapa macam E pada artikel ini :
1. E-Goverment
Penggunaan
teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan
bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan
pemerintahan. E-Government dapat diaplikasikan pada lembaga legislatif,
yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal,
menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.
2. E-Bussiness
Kegiatan
bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik
seperti komputer dan internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk
berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih
efisien dan fleksibel
3. E-Learning
Suatu
sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam
proses belajar mengajar.
4. E-Health
Penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi termasuk pula elektronika, telekomunikasi, komputer
dan informatika untuk memproses berbagai jenis informasi kedokteran, guna
melaksanakan pelayanan klinis (diagnose atau terapi), administrasi serta
pendidikan.
5. E-Employment
Suatu
hubungan yang memanfaatkan teknologi dengan memanfaatkan sebuah jaringan
internet ataupun media social yang berkaitan dengan kerja, baik lapangan kerja,
tenaga kerja dll yang memberikan informasi melalui teknologi tersebut.
6. E-Environment
Merupakan
pengembangan teknologi dan informasi guna melestarikan lingkungan. E-Environment
bisa membantu melestarikan lingkungan yang ada di sebuah negara, dapat
mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah dan dapat
ikut serta dalam program pelestarian alam.
7. E-Agriculture
Kegiatan
pertanian atau agribisnis yang memanfaatkan keunggulan ict seperti komputer,
internet, piranti lunak (softwares) dan piranti keras (hardwares), radio,
televisi dan perangkat it lainnya, serta orang yang mengoperasikan ict
tersebut.
8. E-Science
Sebuah
system dengan memanfaatkan suatu teknologi yang berkaitan dengan ilmu
pengetahuan baik berupa informasi, metode dan penelitian yang berguna untuk
pengembangan dalam suatu pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar